Kamis, 30 April 2015

Tips untuk Menjadi Produktif

     Satu hal yang harus disadari bahwa kesibukan tidak sama dengaan menjadi produktif. Anda bisa saja menghabiskan sekian jam tanpa menghasilkan apa-apa. Beberapa prinsip yang sebaiknya Anda pertimbangkan dalam memanajemen waktu agar bisa bekerja efektif:


1.    Menyusun Rencana
“If you fail to plan, you plan to fail”. Apabila Anda menjalani hari Anda tanpa ada gambaran apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda bertanya “Apa yang harus saya kerjakan sekarang ya?”.
Alokasikan sedikit waktu untuk menyusun rencana. Susunlah rncana bisa di pagi hari atau hari sebelumnya, bisa dimulai dari catatan kecil atau bahkan menyusunnya di kepala untuk sekedar memberi sinyal kepada otak mengenai apa yang harus Anda selesaikan hari itu.
Belajar mengelola waktu adalah latihan yang bagus untuk disiplin diri

.
2.    Fokus
Mungkin Anda mencoba menyenangkan boss dengan mengiyakan semua permintaannya, tanpa Anda sadari sebenarnya Anda justru membebani diri Anda dengan stress dan belum tentu juga apa yang Anda kerjakan akan berkualitas bagus.
Focus dalam bekerja membuat kita lebih produktif dan mengurangi beban stress. Buat skala prioritas apabila Anda harus menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam kurun waktu bersamaan.


3.    Hindari Interupsi
Dua hal dalam dunia kerja yang sering menjadi sumber intrupsi adalah: telepon dan email.
Tentu saja interupsi ini tidak bisa dihindari, tetapi gunakan keahlian Anda dalam manajemen diri untuk menanganinya.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar